10 Tips Belajar Bahasa Jepang Agar Cepat Mahir

  10 Tips Belajar Bahasa Jepang Agar Cepat Mahir

10 Tips Belajar Bahasa Jepang By Kumpulan Informasi, dijamin anda akan cepat dan mahir seperti native speaker asli orang jepang sana.

1. Praktek dan Ulangi

Proses belajar yang paling efektif adalah dengan cara mempraktekkan apa yang telah dipelajari. Misal ketika kita sudah paham akan pengucapan bahasa Jepang yang baik dan benar, sebaiknya kita benar-benar mencoba untuk mengucapkan apa yang sudah dipahami tersebut secara verbal. Pasalnya, jika apa yang sudah dipelajari dipraktekkan dengan baik, maka niscaya kita akan tau apakah hal itu sudah benar atau masih ada yang salah.

Setelah dipraktekkan dengan baik, maka langkah yang harus diambil selanjutnya adalah dengan mengulangi praktek tersebut supaya bisa menjadi kebiasaan. Dengan mengulang apa yang sudah dipelajari, dipahami dan dipraktekkan, maka tentu hal itu akan membuat pelajaran tersebut terpatri dalam otak dan kita akan semakin terbiasa dalam melakukannya.

Maka jelas, mempraktekkan apa yang sudah dipelajar dalam bahasa Jepang dan senantiasa mengulanginya adalah salah satu dari tips belajar bahasa Jepang yang bisa membuat kita mahir dalam pengucapannya.

2. Konsultasi dengan teman.

Tips belajar bahasa Jepang yang berikutnya adalah Konsulitasi dengan temanmu.

Teman adalah pelengkap dalam hidup kita. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, keberadaan teman tentu akan membantu diri kita untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik, karena tentu teman akan membuat kita termotivasi untuk berkembang karena daya saing yang sering terlibat dalam pergaulan.

Oleh karena itu, jika dalam lingkup pertemanan kita memiliki teman yang sangat mahir dalam ilmu bahasa Jepang, ada baiknya kita bisa berkonsultasi dengan teman kita tersebuat mengenai apa-apa saja yang masih kita bingung tentang bahasa Jepang.


Pun selain itu, kita bisa bercakap-cakap dengan teman kita yang sudah mahir bahasa Jepang untuk melihat seberapa benar kosakata atau pengucapan bahasa Jepang yang sudah kita kuasai apakah sudah sesuai atau belum. Jika belum sesuai, maka teman kita senantiasa akan membenarkan dan memberi semangat. Namun jika sudah benar, tentu hal itu akan mengacu semangat kita untuk terus giat dalam mempelajarinya agar bisa menjadi jauh lebih hebat lagi.

3. Jadikan suatu kesenangan.

Dalam hidup, biasanya kita akan paham dan minat untuk melakukan sesuatu adalah karena sesuatu tersebut menjadi salah satu bagian kesenangan untuk kita. Oleh karena itu, salah satu tips untuk belajar bahasa Jepang agar kita cepat mahir adalah dengan menjadikan bahasa Jepang tersebut menjadi salah satu kegemaran atau kesenangan untuk diri kita pribadi.

Dengan menjadikan bahasa Jepang sebagai kesenangan, maka tidak ada lagi keluhan-keluhan yang sering keluar ketika kita sedang mempelajari suatu hal seperti misalnya :

‘Ah, belajar bahasa Jepang ini membosankan’

‘Ah, belajar bahasa Jepang ini apaan sih’

‘Ah, capek ah’

Karena memang kita menjadikan bahasa Jepang sebagai suatu bentuk kesenangan yang mana jika kita melakukannya, kita akan sangat senang. Oleh karena itu, untuk menjadi mahir dalam berbahasa Jepang, tentu kita harusnya menjadikan bahasa Jepang dalam salah satu bagian dari kesenangan di hidup kita.

4. Buat Jadwal.

Setiap hal yang terjadwal pasti akan menghasilkan hasil yang sempurna.

Ya, pada dasarnya, apa-apa saja yang terjadwal dengan baik itu pasti kelak akan membuat kita disiplin dalam melakukan suatu hal yang mana akhirnya hal tersebut akan bisa dengan cepat kita kuasai dengan baik.

Seperti halnya hal tersebut, bahasa Jepang pun pada dasarnya bisa menjadi contoh yang real dalam pelaksanannya. Ya, dalam mempelajari bahasa Jepang, ada baiknya kita membuat suatu jadwal mingguan yang mana pada hari-hari tertentu kita diharuskan untuk belajar membaca, menulis dan mengucapkan bahasa Jepang.


Dengan metode tersebut, niscaya dengan sangat mudah lambat laun kita akan menjadi sangat mahir dalam mengucapkan bahasa Jepang karena proses penjadwaln akan membantu kita untuk disiplin dan secara tidak langsung telah menjadikan bahasa Jepang sebagai suatu kebiasaan dengan jadwal-jadwal tersebut.

Jadi mulai dari sekarang, untuk memenuhi salah satu tips untuk belajar bahasa Jepang agar cepat mahir adalah dengan membuat jadwal rutin dalam pembelajarannya

5. Bergabung Dengan Grup atau Komunitas Jepang.

Tips belajar bahasa Jepang berikutnya adalah kita harus bisa masuk di dalam komunitas yang mana disitu menaungi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan bahasa Jepang.

Jika demikian, tentu hal itu akan sangat membantu kita dalam mengembangkan pengetahuan kita dalam bahasa Jepang yang akhirnya bisa membuat kita mahir dalam berbahasa Jepang. Bagaimana tidak, dengan bergabung di komunitas yang berkaitan dengan jejepangan, kita bisa berinteraksi dengan berbahasa Jepang sekaligus mengetahui bagaimana budaya-budaya Jepang. Selain bisa mahir dalam bahasa Jepang, kita bisa tambah pengetahuan akan negeri samurai tersebut.

Menguntungkan sekali bukan?

6. Dengarkan lagu berbahasa Jepang.

Semua orang suka mendengarkan lagu. Ya, kalau kita dengarkan, lagu-lagu bahasa Jepang itu sangat enak untuk didengarkan. Mulai dari lagu kartunnya Digimon, Naruto, Chibi Maruko-chan, Slamdunk dan lainnya, kita pasti sangat suka ketika mendengarkan lagu-lagu tersebut.

Namun dibalik semua itu, kita bisa memanfaatkan lagu-lagu bahasa Jepang tersebut untuk belajar memahami tentang bahasa Jepang. Tentu saja, ketika kita mendengarkan lagu bahasa Jepang, otomatis kita akan menyimak dengan baik lirik-lirik yang dinyanyikan, kemudian kita akan penasaran untuk mendalami artinya. Terlebih lagi jika kita sudah sangat suka dengan lagu-lagu tersebut, kita pasti akan dengan senang hati untuk menyanyikannya sebaik mungkin yang mana artinya kita harus mempelajari mengucapkan bahasa Jepang dengan baik dan benar.


Sangat menguntungkan bukan dengan mendengarkan lagu kita bisa merefresh otak sembari mempelajari bahasa Jepang. Ternyata, untuk belajar bahasa Jepang agar cepat mahir itu tidak susah-susah amat ya?

7. Uji pengetahuan Bahasa Jepangmu.

Segala sesuatu itu pada dasarnya perlu diuji.

Ya, tak terkecuali dengan ilmu bahasa Jepang yang sudah kita pelajari tersebut. Dengan menguji pengetahuan bahasa Jepang yang kita miliki, berarti itu maknanya kita kembali untuk belajar apa yang pernah kita pelajari sebelumnya.

Hal ini tentu sangat efektif untuk mengulang apa yang pernah kita pelajari mengenai bahasa Jepang agar tidak terlupakan begitu saja. Metode pengujian yang bisa kita lakukan pun bisa berbagai macam, mulai dari membuat soal sendiri, membuat kalimat yang kemudian kita ucapkan dengan keras atau mencari partner yang pandai berbahasa Jepang kemudian meminta mereka untuk membuatkan soal .

Oleh karena itu, menguji pengetahuan bahasa Jepang kita adalah salah satu tips paling ampuh untuk belajar Bahasa Jepang agar bisa cepat mahir.

8. Cari referensi.

Setiap hal membutuhkan referensi.

Ya, tentu saja. Referensi adalah salah satu hal yang sangat membantu kita untuk tetap dalam jalur yang lurus ketika kita ingin mempelajari suatu hal. Dengan adanya referensi, kita bisa menambah tambahan pengetahuan yang kelak akan direalisasikan dalam kehidupan.

Dalam pembelajaran bahasa Jepang, referensi bisa ada diberbagai macam hal, yaitu bisa di film, buku, internet dan yang sudah dijabarkan diatas tadi : Lagu.

Seperti halnya fungsi referensi, ketika kita kurang paham tentang arti dalam bahasa Jepang, kita bisa mencari tahunya di internet. Ketika kita kurang paham tentang bagaimana pengucapan kalimat bahasa Jepang, kita bisa mencari taunya di film, musik atapun internet. Ada banyak referensi yang tentunya akan sangat membantu kita untuk berkembang dan semakin mahir dalam mengucapkan bahasa Jepang.

Maka permasalahannya adalah…

Apa kita mau memanfaatkan referensi tersebut?

9. Percaya diri.

Banyak orang yang gagal karena kurang percaya diri.

Ya, tentu ini berarti bahwa kepercayaan diri adalah salah satu elemen penting yang dapat memberikan kita kekuatan atau tambahan moril untuk mempelajari bahasa Jepang. Ada banyak orang yang merasa kurang mampu kemudian berhenti ditengah jalan ketika dia mempelajari bahasa Jepang. Ada orang yang merasa minder karena dia merasa tidak berkembang ketika belajar bahasa Jepang. Hasil dari ketidakpercayaan diri tersebut ya pasti adalah kegagalan dan kesia-siaan.

Maka, untuk orang yang ingin bisa cepat mahir dalam berbahasa Jepang tentu salah satu tipsnya adalah dengan menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat.

Kukuhkan hati kita bahwa kita ingin mahir berbahasa Jepang. Maka, niscaya kemudahan akan senantiasa berada dalam genggaman.

10. Ikuti kursus

Pada hakikatnya, kursus merupakan salah satu hal yang sangat membantu kita dalam mempelajari suatu hal. Mungkin kita sering melihat betapa banyaknya tempat kursus yang berbagai macam bidang, mulai dari kursus matematika, bahasa Inggris, IPA, software dan juga bahasa Jepang. Hal tersebut tentu menjadi lahan untuk mereka yang haus akan pengetahuan agar kelak dapat benar-benar menguasai pengetahuan tersebut.

Inilah yang mendasari mengapa mengikuti kursus merupakan salah satu tips belajar bahasa Jepang agar cepat mahir paling ampuh karena memang di tempat kursus pasti disediakan tentor yang notabenenya akan memberikan ilmu dan pelajaran sehingga tujuan kita untuk mahir dalam berbahasa Jepang benar-benar terwujud.

Mari belajar.

Ya, tulisan diatas merupakan 10 tips belajar bahasa Jepang agar cepat mahir yang memang agaknya bisa terealisasi jika benar-benar diikuti dengan baik. Selanjutnya, hanya tinggal kemauan pribadi masing-masinglah yang bisa menilai apakah bisa mereka belajar dengan baik?

Berpikirlah dan berusahalah.

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Belajar Bahasa Jepang Agar Cepat Mahir"

Posting Komentar

JIKA BERKOMENTAR YANG SOPAN!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel